Beranda | Artikel
Murah Hati dan Semangat Berbagi
Senin, 20 Agustus 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Murah Hati dan Semangat Berbagi merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary. dalam pembahasan Kitab Aktualisasi Akhlak Muslim yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim. Kajian ini disampaikan pada 24 Dzul Qa’idah 1439 H / 06 Agustus 2018 M.

Kajian Tentang Sifat Murah Hati dan Suka Membantu – Aktualisasi Akhlak Muslim

Kajian ini membahas bagaimana Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada kita semua semangat untuk berbagi dari rejeki yang Allah subhanahu wa ta’ala limpahkan kepada kita mulai dari hal-hal yang kecil sampai hal-hal yang besar.

Semangat berbagi ini hendaknya dimulai dari hal-hal yang mungkin terlihat sepele ataupun remeh. Dan ini yang ditanamkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada para sahabat yang mulia. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

طَعَامُ اْلإِثْنَيْنِ كَافِي الثَّلاَثَةَ، وَطَعَامُ الثَّلاَثَةَ كَافِي اْلأَرْبَعَةَ.

Makanan dua orang cukup untuk tiga dan makanan untuk tiga orang mencukupi untuk empat orang.” (HR. Bukhari)

Ini adalah salah satu anjuran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk menumbuhkan semangat berbagi diantara kaum muslimin. Dalam bab yang lain Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga memotivasi untuk berbagi tunggangan. Ini adalah salah satu cara Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk menumbuhkan semangat berbagi diantara kaum muslimin.

Orang yang bakhil sebenarnya kebakhilannya itu merugikan dirinya sendiri. Dia bakhil terhadap dirinya sendiri. Maka untuk membunuh dan untuk mengusir sifat kikir, bakhil, pelit dan sejenisnya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan kita untuk mempunyai semangat berbagi dalam hal-hal yang kelihatannya sepele.

Dahulu Abdullah bin Umar tidak pernah berbuka sendiri. Beliau selalu mengajak orang lain untuk berbuka bersama. Karena hal itu cukup untuk yang lainnya juga.

Simak Penjelasan Lengkap dan Download MP3 Kajian Tentang Murah Hati dan Semangat Berbagi – Aktualisasi Akhlak Muslim


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/44545-murah-hati-dan-semangat-berbagi/